Manfaat Masturbasi Bagi Wanita

               Manfaat masturbasi
                                       Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Masturbasi merupakan hal yang umum dilakukan. Ini merupakan cara alami dan aman untuk mengeksplorasi tubuh kita sendiri, merasakan kesenangan, dan melepaskan ketegangan seksual yang sudah terbangun. Masturbasi tidak hanya dilakukan oleh pria saja, wanita juga bisa melakukannya. Namun oleh beberapa orang, masturbasi dinilai sebagai tindakan self-abuse, penyakit fisik, dan gangguan psikologis.

Sebenarnya tidak ada efek samping berbahaya dari masturbasi. Akan tetapi, masturbasi yang berlebihan diduga dapat merusak hubungan kamu dan kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, masturbasi adalah tindakan yang menyenangkan, normal, dan pastinya menyehatkan.

  1. Pelepasan hasrat seksual paling aman
    Masturbasi merupakan cara melampiaskan hasrat seksual paling aman. Hal ini tentunya juga jauh lebih baik daripada mencari lawan hubungan seksual yang tidak dikenal, karena hal tersebut lebih mengancam berbagai kemungkinan penyakit maupun kehamilan di luar nikah.

  2. Mencegah stress hingga depresi
    Melakukan masturbasi dapat meningkatkan produksi endorfin. Seperti yang diketahui, endorfin merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa senang.

  3. Meningktakan kekebalan tubuh
    Ketika masturbasi, maka tubuh mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres dalam jumlah kecil. Hal ini membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  4. Tidur nyenyak
    Kualitas tidur menjadi lebih baik. Setelah melakukan masturbasi, maka sistem saraf yang tegang pada otak lebih santai dan tidur menjadi lebih nyenyak.

  5. Memperkuat otot pelvis
    Memperkuat otot pelvis. Pada wanita, kegiatan masturbasi memperkuat otot pelvis yang bermanfaat untuk sistem reproduksi.

  6. Meredakan sakit kepala
    Jika memiliki sakit kepala, orgasme bisa menjadi salah satu solusi meredakan. Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan keseluruhan, orgasme dapat mengurangi efek sakit kepala migrain bagi hampir sepertiga penderita migrain.
 

Baca juga : Inilah Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Vagina

Beberapa Efek Samping Masturbasi

Sebetulnya masturbasi tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Namun, terdapat efek samping yang bisa terjadi dan dapat mengganggu, antara lain: 

  1. Kecanduan Masturbasi
    Beberapa orang memang bisa mengalami kecanduan masturbasi.

  2. Penurunan Sensitivitas Seksual
    Masturbasi pada wanita memang membantu meningkatkan pelumasan, sementara pada pria aktivitas ini memberikan fungsi ereksi yang lebih baik. Namun, pada pria ditemukan bahwa masturbasi dapat memengaruhi sensitivitas saat berhubungan seks untuk pria karena teknik mereka. Penelitian menunjukkan cengkeraman yang terlalu ketat pada penis selama masturbasi bisa menurunkan sensasi. Ahli kesehatan seksual juga merekomendasikan untuk mengubah teknik selama masturbasi untuk mengembalikan tingkat sensitivitas saat berhubungan seks.

Sumber : Klinik Raphael