Neurodermatitis – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Neurodermatitis atau yang dikenal juga dengan Lichen Simplex Chronicus adalah kondisi kulit yang dimulai dengan rasa gatal. Neurodermatitis ditandai dengan tambalan kulit bersisik pada kepala, kaki bagian bawah, pergelangan tangan, atau lengan bawah. Rasa gatal yang dirasakan akan hilang timbul dan sangat mengggangu, seperti mengganggu waktu tidur, aktivitas seksual, dan kualitas hidup penderitanya. Klinik Raphael akan membantu anda dalam membahas tentang penyakit neurodermatitis.

neurodermatitis
Penyebab Neurodermatitis

Penyebab terjadinya neurodermatitis ini belum diketahui pastinya karena apa, namun kondisi ini biasanya berkembang saat terjadi reaksi saraf yang berlebihan terhadap beberapa kondisi, seperti pakaian yang ketat atau gigitan serangga.  Pemicu rasa gatal lainnya pada kasus neurodermatitis antara lain cedera pada saraf, kulit kering, keringat, cuaca panas, serta aliran darah yang kurang baik. Pada beberapa kasus, neurodermatitis bisa berhubungan dengan kondisi kulit lainny, seperti eksim, psosiaris atau reaksi alergi.

Tanda dan Gejala Neurodermatitis

Rasa gatal yang disebabkan oleh neurodermatitis ini dapat berlangsung terus menerus ataupun hilang timbul. Beberapa tanda dan gejala yang sering mucul adalah :

  • Area atau ruam kulit gatal
  • Tekstur kasar atau bersisik pada daerah yang terkena
  • Sebuah ruam menonjol kasar yang berwarna merah atau lebih gelap dari bagian kulit yang lain

Diagnosis Neurodermatitis

Dokter akan mendiagnosis neurodermatitis dengan cara pemeriksaan fisik. Dokter akan mencari tanda-tanda dan gejala karakteristik, seperti penebalan kulit dan tekstur kulit. Jika diperlukan, dokter akan melakukan biopsi kulit atau pemeriksaan neurologis.

Komplikasi Neurodermatitis

Neurodermatitis atau lichen simplex chronicus ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa komplikasi, antara lain infeksi bakteri pada kulit, perubahan warna kulit dan bekas luka yang permanen

Pengobatan Neurodermatitis

Pengobatan pada penderita neurodermatitis biasanya bertujuan untuk mengendalikan rasa gatal, mencegah penderita untuk menggaruk, serta menangani penyebab rasa gatal.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk membantu meredakan gejala neurodermatitis, yaitu :

  • Berhenti menggosok dan menggaruk, karena bisa memperburuk kondisi kulit.
  • Lindungi kulit dengan perban, agar terlindungi dan mencegah penderita menggaruknya.
  • Kompres kulit dengan kain dingin yang basah, sehingga rasa gatal bisa mereda.
  • Gunting kuku-kuku Anda. Kuku yang terpotong pendek akan mencegah kulit rusak lebih parah saat menggaruk.
  • Mandi dengan air hangat.
  • Hindari kondisi yang bisa memicu neurodermatitis, seperti pakaian yang terlalu ketat, rasa cemas, dan stres.

Jika cara di rumah belum dapat meredakan gejala, dokter dapat memberi obat-obatan untuk mengatasi keluhan yang diderita pasien. Obat-obatan tersebut berupa:

  • Krim anti peradangan.
  • Obat antihistamin. .
  • Kortikosteroid suntik.
  • Obat penenang.

Di samping pemberian obat, terdapat beberapa terapi lain yang dapat dilakukan guna membantu mengatasi gejala. Terapi cahaya yang diterapkan secara langsung pada area bercak dapat meredakan rasa gatal. Selain itu, psikoterapi juga dapat membantu penderita mengendalikan emosi dan tingkah laku, sehingga dapat mengurangi rasa gatal dan keinginan menggaruk, agar gejala tidak bertambah parah.

Sumber : https://klinikraphael.com/neurodermatitis-penyebab-gejala-dan-pengobatan/

Klinik Raphael adalah sebuah klinik yang berlokasi di Bekasi. Klinik ini merupakan pusat dari pengobatan kulit dan kelamin yang memiliki keunggulan tempat yang terjaga privasinya dengan biaya berobat yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang memadai dalam melakukan praktek ataupun pengobatannya. Klinik Raphael juga membuka pelayanan kesehatan untuk pengobatan penyakit menular seksual untuk pria maupun wanita.

Lokasi : Jl. MH. Thamrin No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17520.

Jam Operasional :

Senin-Jum’at (09.00-19.00 WIB)
Sabtu (09.00-14.00 WIB)
Minggu (Libur)

konsultasi klinik raphael